DAFTAR KELOMPOK

nama NISN keterangan
Devi Nurlita  NISN baru
Fikri Yusuf Azhari 9960925268 DIKNAS
Ketrin Nirmala Sari  NISN baru
Wahyu Munawan. P  NISN baru

Sabtu, 20 Oktober 2012

Pengertian Telepon

 

Telepon merupakan alat telekomunikasi yang digunakan untuk mentransmisi dan menerima suara (biasaanya suara dan percakapan) pada jarak jauh tanpa terikat, secara bebas. Kebanyakan telepon beroperasi melalui pemancar sinyal listrik melalui jaringan telepon rumit yang mengizinkan pengguna ponsel untuk berhubungan dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun. 

Ada empat prinsip utama di mana pengguna yang menggunakan penerima telepon dapat terhubung ke jaringan 

  1. telepon: "darat" yaitu telepon kabel, di mana terdapat sambungan kabel fisik khusus yang digunakan untuk menghubungkan suatu lokasi; 
  2. dan telepon , yaitu menggunakan sinyal radio analog atau digital ; 
  3. telepon satelit, yaitu menggunakan satelit komunikasi; dan 
  4. telepon suara melalui protokol (VOIP), yaitu menggunakan komunikasi akses Internet Jalur Lebar.

Antara pengguna akhir, transmisi antara jaringan dapat dilakukan melalui kabel serat optik, titik ke titik microwave atau relay satelit.

Sampai saat ini, sebuah "telepon" mengacu pada telepon online tetap. telepon nirkabel atau nirkabel dan juga ponsel adalah satu hal yang biasa terjadi di mana saja di seluruh dunia. Handset pula diharapkan bakal menggantikan penggunaan online tetap. tidak seperti ponsel, telepon nirkabel masih disebut online tetap karena hanya dapat digunakan pada jarak yang pendek di dalam suatu area seperti rumah yang dihubungkan dengan telepon online tetap.

Identitas pencipta telepon listrik masih menjadi tanda tanya dan kontroversi. Antonio Meucci, Philip Reis, dan Alexander Graham Bell, semuanya telah diakui sebagai penciptanya.

Telepon merupakan pesawat atau alat penerima getaran bunyi dari jarak jauh. Pengertian teleon dalam kehidupan sehari-hari mengandung pengertian mikrofon dan telepon. Mikrofon berfungsi sebagai pengirim suara (yang menghadap mulut), sedangkan telepon berfungsi yang menerima suara (yang menempel pada telinga)

Sejarah Penemuan Telepon
Sejarah awal penemuan sebuah telepon sedikit membingungkan ketika banyak tuntutan dan tuntutan balik terjadi, di mana tidak dijelaskan oleh pihak yang seharusnya menuntut secara hukum agar dapat menyelesaikan pertikaian individu yang menuntut hak paten masing-masing. 

Siapapun penemu telepon, menjadi informasi yang sangat penting bagi semua pihak apalagi di bidang ilmu pengetahuan. 

Telepon modern sekarang ini adalah hasil kontribusi dan hasil kerja banyak pihak, yang seharusnya diberikan penghargaan selayaknya.

Pengembangan Awal
Berikut adalah uraian singkat sejarah penciptaan telepon:
  1. 1849 Antonio Meucci mendemonstrasi suatu perangkat yang kemudian disebut telepon kepada orang banyak di Havana.
  2. 1854 Charles Bourseul menerbitkan suatu informasi mengenai make-break transmiter telepon dan penerima tetapi tidak membuat instrumen kerja.
  3. 1854 Meucci mendemonstrasi telepon listrik di .
  4. 1860 Johann Philipp Reis1860 Meucci diperkirakan (ketika itu) mendemonstrasi telepon tersebut di Staten Island.
  5. 1861 Reis berhasil mentransfer suara secara elektikal dengan jarak melebihi 340 kaki. 
  6. 1871 Meeucci mengajukan satu paten caveat.
  7. 1872 Elisha Gray mendirikan Western Electric Manufactering .
  8. July 1873 Thomas Alva Edison menemukan rintangan yang berbeda pada grain karbon oleh karena tekanannya tetapi terpaksa menunda penyelidikannya.
  9. 1874 Gray mendemonstrasi telfon trnsmiter cecairnya di Gereja Highland Park Presbyterian.
  10. 2 June 1875 Alexander Graham Bell orang pertama memindahkan suaranya melalui telepon.
  11. 1 July 1875 Bell pertama kali menggunakan telepon berkemampuan dwi-arah (Kedua, transmiter atau pengirim dan penerima sinyal merupakan instrumen membran yang serupa).
  12. 14 February 1876 Bell mengajukan telepon tersebut sebagai paten pertamanya.Dua jam kemudian, Grayy mengajukan paten caveatnya.
  13. 30 January 1877 Bell mempatenkan telepon dengan transmiter-penerima elektrodinamik.

Sistem Telepon tanpa kabel

Sistem telepon tanpa kabel juga dikenal dengan nama nirkabel. Biasanya sistem nirkabel untuk penggunaan telepon ini mengacu pada ponsel. Terminologi untuk ponsel ini berbeda menurut wilayah atau zona orang itu berada. Misalnya, di Inggris, mereka memanggilya dengan istilah , USA dengan phone dan Indonesia untuk orang yang berbicara dalam bahasa Inggris menyebutnya handphone atau hape dan juga ponsel, sedangkan di Malaysia menyebutnya dengan telefon bimbit.

Pada Dasarnya, ponsel berfungsi secara nirkabel dengan signalnya dipancar bukan melalui kabel, tetapi sinyal dikirim dari satu menara atau pengirim sinyal ke ponsel tersebut. Perangkat ini sangat populer pada masa kini, dan beberapa telah menggantikan terus sistem telepon rumah yang konvensional. Karena hampir setiap orang sudah memiliki ponsel masing-masing yaitu satu rumah bukan lagi satu telepon, tetapi seorang individu sebuah telefon.Dengan teknologi yang berkembang, penggunaan ponsel bukan lagi sekadar menelepon, selanjutnya menambahkan popularitasnya.

Telepon Kordles

Gagang telepon kordlesTelepon Kordless pertama kali dibuat oleh Teri Pall pada tahun 1965. Ketika itu, telepon jenis ini terdiri dari unit utama yang terhubung dengan sistem online telepon tetap dan juga berhubungan dengan gagang bergerak dengan gelombang radio yang rendah. Hal ini memungkinkan gagang digunakan dari setiap lokasi pada kisaran jarak tertentu. Karena kekuatan diperlukan untuk berhubungan dengan gagang, maka unit utama disediakan kekuataannya dengan sumber daya elektronik (electronic supply). 
Telepon Cordless ( topcordlessphones.net)
Telepon Seluler ( videoconverterfactory.com)


Karena hal ini, maka telepon kordless biasanya tidak berfungsi ketika terputus pasokan elaktrik. Pada awalnya, telepon kordless menggunakan gelombang radio pada kisaran 1,7 MHz untuk berkomunikasi antara unit utama dengan gagang. Karena masalah kualitas dan jangkauan, gelombang ini akhirnya digantikan dengan sistem yang menggunakan frekuensi termodulasi (FM) pada kisaran frekeuensi tinggi (49 MHz, 900 MHz, 2,4 MHz, dan 5.8 MHz). Telepon kordless 2.4 MHz bisa mengganggu beberapa protokol LAN nirkabel (802.11b / g) oleh karena penggunaannya pada frekuensi yang sama. 

Pada kisaran gelombang 2.4 MHz, beberapa "channels" digunakan untuk melindungi turun kualitas sinyal suara disebabkan oleh masalah kemacetan. Kisaran jarak untuk telepon kordless modern hari ini biasanya menjangkau beberapa ratus meter.

Telepon selular

Sistem ponsel modern adalah terstruktur sel. Radio digunakan untuk terhubung di antara sebuah ponsel dan sebuah situs sel terdekat.



Ketika sebuah ponsel berada terlalu jauh dari situs sel,  maka sebuah sistem komputer akan memberikan arahan kepada ponsel tersebut dan sebuah situs sel yang lebih dekat akan menggantikan komunikasi dari saluran yang berbeda, tanpa mengganggu panggilan yang dilakukan.

Frekuensi radio adalah sebuah sumber yang terbatas dan berbagi. Frekuensi yang lebih tinggi yang digunakan ponsel memiliki kelebihan dalam jarak yang dekat. Jarak hubungan agak mudah diprediksi dan dapat dikontrol dengan mengubah level energinya. 

Dengan menggunakan energi yang cukup untuk berhubungan dengan situs sel yang "terdekat", maka telepon yang menggunakan satu situs sel tidak akan mengganggu telepon lain yang menggunakan frekuensi yang sama pada situs sel yang lain. Frekuensi yang tinggi juga efisien dengan berbagai bentuk multipleksing yang membolehkan lebih dari satu buah telepon untuk terhubung dengan menara yang sama dengan jumlah frekeunsi yang sama.

Telepon Tanpa Kord / Handphone
Merupakan telepon yang berfungsi sebagai telepon nirkabel saat mendekati stasiun situs sepadannya (dan ada kalanya stasiun situs lain) dan berfungsi sebagai telepon nirkabel saat di lokasi-lokasi lain tetapi atas berbagai alasan tidak menjadi populer.

Beberapa jenis telepon nirkabel berfungsi seperti ponsel tetapi hanya sekitar jaringan pribadi yang kecil meliputi sebuah bangunan atau beberapa buah bangunan. Sistem seperti ini yang menggunakan VoIP adalah populer di rumah sakit dan pabrik-pabrik yang memiliki jaringan yang sama digunakan untuk data dan suara.

Telepon jenis ini menggunakan kartu untuk menghubungkan dan mengaktifkan nomor.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar